Minggu, 22 Februari 2015

Mengelola Keuangan Usaha

Pengelolaan keuangan salah satu bagian penting dalam kegiatan usaha. Keberlangsungan kegiatan usaha juga bertumpu pada adminstrasi keuangan.Administrasi keuangan mencatat peristiwa keuangan yang terjadidalam sebuah usaha. Adpun kegiatan administrasi keuangan antara lain meliputi:
1. Mencatat keluar masuknya uang dalam perusahaan
2. Menguraikan dan menganalisis keuangan perusahaan
3. Menggolongkan pos2 keuangan yang diperlukan perusahaan
4. Melaporkan peristiwa keuangan perusahaan
Apabila perusahaan menyelenggarakan administrasi keuangan dengan baik, maka akan memperoleh keterangan atau informasi yang akurat dan valid tentang kondisi keuangan sebuah perusahaan
 Keterangan itu meliputi :
a. Jumlah laba yang diperoleh oleh sebuah perusahaan
b. Posisi harta, utang, dan modal perusahaan
c. Kegiatan perusahaan seperti penjualan, pemasaran, utang piutang, persediaan barang dagangan
d. Laporan pajak, laporan penghasilan dls
 Adapun alat-alat yang dipergunakan dalam menyusun administrasi keuangan tergantung pada jenis usahanya. Misalnya pada jenis usaha perdagangan alat kelengkapan administrasi keuangannya dapat berupa : a. Dokumen adminstrasi
b. Buku Harian dan jurnal : buku kas, buku bank, buku penjualan,buku pembelian, buku pembelian
 c. Buku besar
d. Buku tambahan : buku piutang, buku utang, buku persediaan,neraca lajur, laporan-laporan Setiap transaksi keuangan dalam perusahaan dicatatkan dalam buku, sesuai dengan peruntukannya. Misalnya transaksi dagang setiap hari dicatatkan ke dalam buku harian. Transaksi dimaksud meliputi: penerimaan tagihan, pembayaran utang,penyimpanan/pengambilan uang di Bank,pembelian barang dagangan, pembayaran biaya transportasi,pembayaran gaji, dan banyak hal lagi yang berkaitan dengan transaksi.
 LAPORAN KEUANGAN
Pada setiap akhir tahun sebuah perusahaan yang mengelola kegiatan usahanya secara prfesional, selalu membuat dan menyusun laporan kegiatan usahannya.Seluruh kegiatan transaksi keuanganakan diikhtisarkan dan dilaporkan untuk dilakukan analisis oleh pihak yang berkepintangan, sehingga dapat diambil keputusan yang tepat bagi kelangsungan perusahaan. Analisis laporan keuangan adalah evaluasi atau penafsiran neraca dan daftar perubahan posisi keuangan perusahaan.
 Bentuk-Bentuk Laporan Keuangan Ada 2 bentuk yang dapat disajikan pada laporan keuangan, yakni:
a. Laporan pada saat tertentu (Balance sheet): Bentuk pembuatan neracanya ada 3 bentuk, yakni : bentuk vertikal, bentuk skontro, dan bentuk yang menyesuakan dengan posisi keuangan perusahaan
 b. Laporan pada periode tertentu Laporan yang dibuat untuk menjelaskan posisi keuangan pada periode tertentu. Laporan ini terdiri atas : Laporan rugi laba (bentuk single step dan bentuk multiple step), Laporan laba ditahan (bentuk clean surplus principle atau bentuk nonclean surplus concept)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar