Rabu, 16 September 2015

Latar Belakang Disain PTK

Judul :
Penerapan Penugasan Terbimbing dalam menggambar Disain Busana Untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan gamar Desain Busana untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan busana pesta dengan tepat pada kelas Busana XII.1 SMK Negeri 1 Majene
 A. Latar Belakang
Membuat desain busana pesta tidaklah semudah menggambar disain sketsa busana yang lain, karena disain busana pesta memiliki kerumitan tersendiri dalam proses menggambarnya.Mulai dari teknik pewarnaan, detail busana,pemilihan bahan, tekstur bahan,pemilihan pelengkap busana serta aksesorie, memerlukan ketelitian dan ketekunan tersendiri dalam menampakkannya diatas gambar desain.
Kesulitan ini nyaris dirasakan oleh guru yang mengajar pada bidang studi Desain Busana. Selain kerumitan teknik tersebut juga di tambah dengan kemampuan siswa dalam menggambar yang kurang memadai menjadi tantangan tersendiri bagi guru.Hal ini ditandai dengan masih ada sekitar 40 % siswa belum mencapai nilai Minimal yakni 2,67.
Gambar yang dihasilkan oleh siswa secara umum kelemahannya terlihat pada proporsi tubuh yang tidak pasa dan teknik pewarnaan yang belum menampakkan detail busana, value warna, jatuhnya ahan pada tubuh, serta tekstur bahan busana. Hal ini mungin dipicu oleh metode dan strategi belajar mengajar yang digunakan kurang tepat. Karena metode yang dilakukan hanya memberikan gambar contoh yang di gandakan dengan sistem foto kopi sehingga gambar contoh disain tersebut tidak menarik dan tidak memberikan deskripsi yang tepat yang memudahkan siswa untuk membaca gambar tersebut.
Oleh karena itu alam mengupayakan siswa dapat menyelesaikan gambar busana dengan tepat akan dilakukan upaya pemberian tugas Terbimbing, yang dilakukan tahap demi tahap, untuk membiasakan anak menggambar dari tingkat kesulitan terendah sampai tertinggi. Dalam metode penugasan terbimbing siswa akan ditugaskan untuk mencari dan menemukan sendiri Disain Busana Pesta secara langsung apakah lewat majalah, tablod atau internet. Dari gambar disain busana pesta yang didapatkan akan dilakukan pengamatan mendalam untuk melihat dengan jelas detai busana pesta tersebut, bagaimana menggambar lekuk-lekuk jatuhnya busana pada tubuh, bagaimana pemilihan bahan yang akan digambar. Dari hasil pengamatan tersebut siswa akan erlatih menggambar busana berdasarkan contoh gambar yang didapatkan dimana dalam setiap tahapnya akan dilakukan guru dengan cara pembimbingan langsung kepada siswa.
Dengan penerapan pembelajaran penugasan terbimbing ini diharapkan terjadinya peningkatan kemampuan siswa dalam menyelesaikan gambar desain busana pesta secara tepat. Adapun penelitian ini berjudul " Penerapan penugasan terbimbing dalam menggamnar disain busana untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan gambar busana pesta dengan tepat pada kelas Busana XII.1 SMK Neg.1 Majene,"
B. Rumusan Masalah
 Berdasarkan latar belakang di atas maka penulis merumuskan permasalahan penelitian sebagai berikut :
1. Metode penugasan terbimbing yang bagaimanakah yang dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan gambar busana pesta pada kelas Busana XII.1 SMK Negera 1 Majene?
 2. Bagaimanakah peningkatan kemampuan menyelesaikan gambar busana pesta dengan tepat pada kelas Busana XII. 1 sMK Negeri 1 Majene setelah mengikuti penerapan metode penugasan terbimbing?
 C. Tujuan Penelitian Penelitian bertujuan untuk mendekripsikan :
1. Peningkatan kompetensi menyelesaikan gamar busana dengan tepat setelah mengikuti penerapan metode penugasan terbimbing menggamnar disain busana.
2. Cara penerapan penugasan terbimbing yang dapat meningkatkan kompetensi menyelesaikan gambar busana dengan tepat pada kelas Busana XII. 1 SMK Negeri 1 Majene
 D. Manfaat Penelitian : Hasil penelitian diharapkan dapat :
 1. Bagua peneliti ,