ATAU PERSUASIF TENTANG PRODUK DAN JASA
Dalam kehidupan sehari-hari kita biasa mendengarkan penjelasan rinci dari seseorang tentang sebuah produk, misalnya pada saat seseorang menjelaskan sebuah produk yang sedang trend di mana dia juga sedang menggunakan produk tersebut. Maka orang tersebut dapat menjelaskan dengan gamblang jenis produk tersebut, bagaimana bentukya, bagaimana warnanya, beratnya dan lain sebagainya yang menggambarkan tentang produk tersebut.
Bukan hanya menjelaskan bentuk, tetapi orang tersebut juga menjelaskan bagaimana cara menggunakannya, serta apa efek yang terjadi pada saat menggunakan benda tersebut, bagaimana ia puas, dan merasa terbantu.
Nah kasus di atas adalah beberapa bentuk pemaparan deskriptif maupun narasi serta persuasif secara tidak langsung terhadap sebuah produk dan jasa.
Berikut adalah paragraf deskriptif, naratif, argumentatif, maupun persuasif dari sebuah produk maupun jasa.
Paragraf deskriptif adalah sebuah bentuk dari paragraf yang memberikan penjelasan dari sebuah objek dengan memberikan tujuan agar orang yang membaca akan melihat objek itu secara mandiri. Sehinga paragraf ini akan memberikan penjelasan dari sebuah hal secara terperinci dan juga jelas.
Paragraf naratif adalah sebuah bentuk dari jenis karangan yang akan melakukan pengukapan dari sebuah bentuk kisah dan juga peristiwa maupun sebuah pengalaman pribadi yang dimana memiliki urutan didalam sebuah peristiwa kejadian.
Paragraf argumentatif adalah sebuah bentuk dari paragraf yang dimana gagasan utamanya akan dilakukan pengembangan dengan cara melakukan pemaparan terhadap pendapat, ulasan hingga pokok dari sebuah ide dari pribadi penulis itu sendiri.
Persuasif adalah sebuah bentuk dari paragraf yang memiliki tujuan untuk memberikan pengaruh, penghimbauan, pembujukan maupun merayu pembaca sehingga mereka akan menjadi terpengaruh untuk mengikuti apa yang diharapkan dan juga diinginkan oleh si penulis itu sendiri.