Administrasi usaha sangatlah penting dalam sebuah usaha. Karena administrasi mengacu kepada dokumen penting yang seharusnya ada dalam sebuah usaha.
Pengaturan administrasi yang tertata dengan baik akan memudahkan setiap person yang membutuhkan catatan / dokumen yang akan mrekagunakan dalam memprlancar arus pekerjaan.
Adapun catatan adminstrasi yang perlu ada dlm sebuah usaha antara lain :
1. Catatan administrasi personalia/kepegawaian dalam sebuah perusahaan
2..Catatan peralatan/inventaris barang milik perusahaan
3. Catatan keuangan
4. Catatan persiapan dan hasil produksi peusahaan
5. Catatan pemasaran dan penjualan
6. Catatan mitra dan pelanggan perusahaan
7. Catatan surat menyurat perusahaan
Untuk merealisasikan hal di atas bentuk yang tepat dituangkan dalam bentuk :
1. Buku Kepegawaian
2. Buku Inventaris
3. Buku pembelian
4. Buku piutang
5. Buku Kas
6. Buku persediaan produk
7. Buku pemasaran produk
8. Buku penjualan produk
9. Buku tamu
10. Buku pelanggan
11. Buku tamu
12.Buku Ekspedisi
Sementara itu agar lebih mudah di dalam penaturan dan pengelolaan administrasi dibutuhkan prlengkapan dan alat yang menunjang dalam operasoinal administrasi, antara lain :
A. Perangkat Keras perkantoran, antara lain :
a. Komputer/laptop
b. Mesin ketik
c. Printer
d. Mesin fotokopi
e. Telepon
f. Meja dan kuris srta lemari
B. Perangkat lunak
a. Format surat ( surat masuk/keluar, surat cuti,surat tugas,surat cuti, surat phk,SK,dls)
b. Daftar hadir, daftar gaji, daftar bonus dls
c. Bukti transaksi
d. Buku2 agenda, dan ekspedisi
(Sumber Buku KWU Drs Mardiyatmo, dan refesrensi lainnya)
Semoga bermanfaat tulisannya bg dunia pendidikan
BalasHapus