Jumat, 06 Maret 2015

BAU TAPPI Resep Ikan Bakar khas Mandar

BAU TAPPI

Ikan Bakar yang berbumbu khas Cita Rasa Mandar
Cara I
 Sebenarnya ikan bakar berbumbu ini adalah ikan bakar pavorit keluarga kami dan juga masyarakat Mandar pada umumnya. Sebagai salah satu daerah yang hasil lautnya kaya dengan ikan, membuat masyarakat di daerah ini leluasa mengeksplore racikan bumbu dalam mengolah aneka masakan yang berkaitan dengan ikan.
Salah satu resep warisan turun temurun disetiap keluarga Mandar ini akan saya sajikan pula di blog saya.Sebagai kenangan dan apresiasi pada mereka yang telah menemukan masakan yang bercita rasa lezat yang telah menggoyang lidah kami ini sebagai warga tanah Mandar. Mungkin dalam setiap keluarga akan memiliki cita rasa khas dan sedikit berbeda dengan keluarga lainnya.Tergantung dengan selera dan kebiasaan masing- masing.Dan bagi saya pribadi bukan masalah.Justru hal itu akan memperkaya kekhasan Ikan bakar bumbu Tappi itu sendiri..

Inilah resep khas Bau tappi di keluarga kami
Bahan :
2 ekor ikan kakap segar(boleh juga ikan lain misalnya bawal, ikan baronang, tapi umumnya menggunakan ikan karang) Dan saya pribadi memilih kakap putih dan ikan bawal.Kebetulan ikan jenis itu yang ada di kulkas. Disiangi, dibersihkan lalu dibaluri garam dan perasan air jeruk nipis. Sisihkan.
3 buah cabai merah
1 sdt merica
 6 butir bawang merah (boleh ditambah bawang putih 2 siung)
3 butir kemiri
3 batang serai yang segar,iris tipis
1 buah jeruk nipis
1/2 sdt kunyit kalau suka agak kekuningan
 Garam secukupnya (saya cuma memperkirakan sekitar 1/2 sdt)
1 lembar daun pisang untuk membungkus ikan.
2 sdm minyak kelapa.


Cara membuatnya
 1. Tumbuk sampai halus cabai,merica,bawang merah,kemiri,serai dan garam. Tambahkan perasan air jeruk nipis. Aduk dengan minyak Kelapa sampai rata.
2. Bakar ikan sampai matang di atas bara api. Olesi dengan bumbu halus, bakar sejenak lalu dibalik. Olesi lagi dengan bumbu. Demikian seterusnya setiap kali selesai dibalik diolesi bumbu. Sampai bumbunya habis dan merata pada permukaan ikan. Setelah bumbu rata, bungkus ikan bakar dengan daun pisang lalu bakar lagi sejenak agar bumbu mereaap.Angkat lalu hidangkan hangat- hamgat dengan nasi putih.
....
Semoga bermanfaat buat rumahtanga saudar2 ku sekalian..

2 komentar:

  1. Yang komen dapat kiriman bau tappi' kan, bu Nina?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin aja bu Hira...cobain sebelum ke Kanada...Ntar kalo sudah disana susah buatnya loh...!!!

      Hapus