Sabtu, 14 Maret 2015

Bau Peapi Mandar

Bau Peapi

 Bau peapi adalah ikan yang dimasak dengan aneka bumbu yang menghasilkan cita rasa unik dan khas. Jika di daerah Manado dan Gorontalo punya ikan masak yang cita rasanya sudah menggugah hampir seluruh lidah sulawesi dan sebagian nusantara dengan ikan Woku Blanga-nya, maka di tanah Mandar juga punya ikan rebus andalanyakni  Bau Peapi yang mendulang populer di wilayah Sulawesi.
Bau Peapi Mandar ini keunikan bumbunya terletak pada asam mangga kering yang menjadi penunjang cita rasa khas yang berbeda dari daerah lain.Ditambah dengan lumuran Minyak kelapa asli menghasilkan ciri khas tersendiri yang konon Asam dan minyak kelapa asli Mandar yang wangi yang mana jenis ini hanya ada di Tanah Mandar.
 Wallahu'alam di daerah lain kalo ada. Karena sepanjang penulis menetap dan berwisata ke beberapa daerah diluar tanah Mandar (pernah menetap beberapa tahun di Makassar, Bontang, dan sesekali berkunjung ke Bogor, Surabaya, dan Jakarta) saya tidak pernah menemukan bahan makanan jenis bumbu ini.

Gambar Asam Mangga khas Mandar (Dokumen Pribadi)
Bau Peapi Mandar ini biasanya disandingkan dengan makanan pokok khas Mandar yang terbuat dari bahan singkong parut yang di kenal dengan nama Jepa...Makanan jenis ini terbuat dari parutan ubi kayu yang dipanggang di atas wajan . Pada jaman dulu menjadi hidangan wajib yang ada dalam daftar menu masyarakat Mandar. Tapi pada masa kini meskipun jepa dan Bau peapi bukanlah daftar menu wajib, bukan berart bau pepai menghilang dari khasana kuliner Mandar.Bau pepapi tetaplah menjadi andalan pelengkap hidangan sehari- hari orang Mandar.
Inilah resep Bau Peapi khas Mandar yang pernah diajarkan Ibu saya...
Bau Peapi
 Bahan
 7 ekor ikan Peda atau Banjar yang sedang besarnya (Bulalia dlm bahasa Mandar). Segenggam Asam  Mangga Mandar
 6 butir bawang merah iris halus
 6 butir cabe rawit atau sesuai selera
10 butir merica
 1 biji lombok merah
 1 sdt garam 250 cc air putih
1/2 sdt kunyit bubuk
 3 sdm minyak kelapa harum  (lebih bagus jika minyak asli khas Mandar)

Ikan Bau Pepapi yang sudah siap disantap (dok.Pribadi)
Cara membuat
 1. Bersihkan ikan sampai tdk air cuciannya putih jernih. Karena ini akan mempengaruhi cita rasanya. Kerat kedua sisinya. Sisihkan.
 2. Cuci asam mangga. Campur dengan bawang merah iris, lalu  remas2 keduanya dengan bantuan sedikit air sampai lemas dan setengah hancur.sisihkan.
 3. Haluskan Cabe merah dan merica.
 4. Campur asam mangga tadi dengan cabe merah tumbuk.
 5. Masukkan ke dalam wajan (di daerah mandar kami biasa menggunakan wajan khusus yang terbuat dari tanah liat namanya Balenga Lita')
4. Masukkan air, cabe rawit iris,aduk sampai bumbu rata, lalu taburi kunyit.Aduk rata lagi.
5. Masukkan minyak, aduk rata.
6. Masukkan ikan, sambil bumbu diratakan. Perhatikan :
Cairan sebaiknya menutupi seluruh permukaan ikan. Cicipi rasa garamnya.
 7. Masak dalam api sedang sampai ikan matang dan airnya tinggal sedikit. Hidangkan panas2 bersama nasi putih atau Jepa...
Silahkan dicoba ....
Selamat menikmati....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar